Tuesday, April 15, 2014

Vector

Sudah agak lama dari artikel DAK yang terakhir. Syukur artikel yang terakhir rame banget. Gak lupa makasih dulu buat para pengunjung blog ini yang udah komen atau share artikel blog ini. Kali ini DAK mau bahas senjata utama dalam pembuatan desain avatar yaitu vector. Vector adalah kata yang sangat sering digunakan untuk para desainer. Bahkan untuk orang awam yang hanya tau sedikit tentang desain sudah sering mendengar kata-kata ini. Apa itu vector ? Gunanya untuk apa ? dan seperti apa ? inilah yang pengen dijelasin sama DAK. Bukan berarti lebih ngerti tapi yang penting kan berbaginya.


Vector itu kalau didefinisikan sederhana, objek yang fleksibel. Jadi untuk ukuran bisa diperpesar dan gak mempengaruhi kualitas objeknya. Berbeda dengan bitmap yang kalau semakin diperbesar maka kualitas ketajaman akan semakin menurun. Menurut buku babyboss vector itu "Vektor grafis itu sendiri adalah pencitraan gambar hasil dari perpaduan bentuk-bentuk dasar geometris seperti: garis, titik, kurva, poligon, yang didasari perhitungan matematis". Dari penjelasan tadi mungkin vector otomatis suka matematika juga kayaknya walaupun secara gak langsung. Padahal biasanya orang-orang seni atau desain gak suka sama matematika, gak nyadar juga kalau tiap hari mereka bikin sesuatu dari matematika.

Selain sifatnya yang fleksibel, vector juga punya ciri khas yaitu warna-warna solid walaupun warna itu bisa digradasi tapi tetep pake warna solid, jadi kalo di zoom sampai gede banget akan keliatan step-step di gradasi itu tapi lebih susah pengaplikasiannya dibanding bitmap. Sedangkan kalo untuk ukuran file bervariasi tergantung software yang digunakan, biasanya kalau memakai software Ai akan lebih gede ukuran filenya dibanding dengan CorelDraw. Gimana perbandingannya dengan bitmap ? Jelas berbeda tapi untuk ukuran file, karena fleksibel maka vector dapat diperkecil dulu dan discaling kembali saat akan dicetak sedangkan bitmap tidak bisa. Jadi untuk ukuran file relatif lebih kecil dibanding bitmap.

Sifat vector yang fleksibel tadi itu yang bikin vector jadi favorit untuk bikin grafis. File yang ringan dan warna solid yang jadi ciri khas juga jadi daya tarik sendiri untuk pada desainer. Kegunaannya sangat banyak, salah satunya pembuatan desain avatar yang seperti dikerjakan oleh DAK. Penggunaan vector hampir dilakukan disemua media seperti poster, ilustrasi, komik, desain kaos, stiker dan salah satu yang paling banyak dan bahkan mungkin semua dikerjakan dengan basis vector adalah logo.

Ringkasnya, Vector itu objek/gambar yang menggunakan warna-warna solid yang fleksibel dalam hal ukuran objek dan mempunyai ukuran file relatif lebih kecil dibanding dengan bitmap. Kalau kekurangannya ada pada pengaplikasian gradasi yang lebih sulit, jadi untuk membuat gambar yang realist lebih sulit.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Related Post

Comments
3 Comments

3 comments :

Terima Kasih Kunjungannya.
Bila bermanfaat silahkan tinggalkan komentar yang positif.
Untuk silent reader, cukup share di akun Social Media Kamu.