Saturday, August 16, 2014

Tutorial Coloring Mudah dengan Photoshop



Tutorial ini dibuat untuk para newbie. Seringnya orang yang menanyakan pembuatan desain avatar membuat DAK ingin memberikan tutorial sederhana dan cepat dalam membuat avatar. Walau pun sudah ada beberapa tutorial ternyata untuk newbie cukup sulit untuk mempraktekannya karena mereka belum mahir dalam menggunakan photoshop bahkan ada yang belum pernah menggunakannya sama sekali. Nah, karena itulah dibuat tutorial ini.

Untuk yang memerlukan mentahan dari tutorial ini, kami akan kirim jadi silahkan komen hal positif dipostingan karya (bukan postingan Tutorial/Download) atau share/ bagikan postingan ini dengan cara dibawah ini.

    
 

Setelah itu tulis email kalian dikolom komentar atau kalau yang gak mau share dan komen bisa hubungi DAK Lewat kontak 

Hal yang paling pertama dilakukan adalah punya komputer dan menginstal photoshopnya. Caranya, karena ini untuk coloring jadi ane gak jelasin yah. Pokoknya beli dan install ajah photoshop ke komputer kalian. Jika sudah, coba bikin gambar pake pensil ajah biar gak ribet. Sekarang siapkan gambar yang mau kalian coloring. Scan atau foto gambar kalian biar bisa masuk ke komputer. Discan jelas lebih baik. Contohnya gambar yang akan dicoloring adalah gambar avatar dibawah ini.
Setelah File gambar siap dan ada dikomputer saatnya buka di Photoshop
Klik kanan > Open With > Photoshop

Jika Photoshop sudah terbuka maka akan ada "layer background"
“unlock” “layer background” tarik icon gembok ke tong sampah, maka “layer background” akan berganti nama menjadi “layer 0”

Buatlah layer baru untuk mewarnai, Caranya klik new layer posisinya dekat dengan gambar tong sampah tadi.

Setelah itu, kembali ke “layer 0” atur level agar menjadi hitam putih. Atur sendiri levelnya sesuai dengan yang diinginkan, kalau dicontoh adalah
192, 1.00, 207
Klik Image > Adjustment > level (lalu atur)

Jika sudah klik OK, setelah itu simpan “layer 0” diatas “layer 1”. Agar warna di “layer1” dapat terlihat maka buatlah “layer 0” menjadi multiply. Tujuannya agar warna putih menjadi transparent.

Kembali ke “layer 1” untuk mewarnai. Pakai “pen tool”. Caranya klik icon pen tool (P), pilih shape layer agar nantinya kita mudah mengedit shape / area pewarnaan.
Untuk mengedit shapenya pakai Direct Selection Tool (A)

Buatlah layer untuk setiap warna, lalu lakukan cropping pada gambar. Sesuaikan dengan selera saja. Lakukan terus pewarnaa maka hasilnya akan seperti ini.
Untuk Crop pakailah crop tool (C)

Jika Sudah selesai, jangan lupa save.
File > Save > File name (Beri judul) > ok > ok

Sekali lagi untuk yang memerlukan mentahan dari tutorial ini, kami akan kirim jadi silahkan share/ bagikan postingan ini caranya diatas. Setelah itu tulis email kalian dikolom komentar atau kalau yang gak mau share dan komen bisa hubungi DAK Lewat kontak  Makasih yah kunjugannya, tunggu karya dan tutorial selanjutnya diblog ini.

NB: Yang Didalam kurung itu maksudnya shortcut keyboard.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
^-^


Related Post

No comments :

Post a Comment

Terima Kasih Kunjungannya.
Bila bermanfaat silahkan tinggalkan komentar yang positif.
Untuk silent reader, cukup share di akun Social Media Kamu.