Wednesday, March 12, 2014

FIFA World Cup Mascot

Menyambut FIFA World cup atau piala dunia yang akan dimulai pada 12 juni - 13 Juli ini DAK akan menampilkan maskot world cup dari masa ke masa. World cup yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 dan diselenggarakan setiap empat tahun sekali, kecuali saat Perang Dunia II yaitu tahun 1942 dan 1946. Selain Karena menyambut World cup 2014 yang akan diadakan dibrazil, DAK juga membahas maskot karena berkaitan dengan avatar. Jelas sekali kalau maskot adalah bagian dari avatar. Bedanya dengan avatar perorangan, maskot adalah sosok atau avatar yang merepresentasikan hal yang lebih besar tentunya.

Taukah kalian? Maskot tidak muncul saat pertama kali ada World cup. Maskot pertama kali ada pada saat piala dunia 1966 yang diselenggarakan di Inggris dan setelah itu maskot menjadi salah satu hal yang dianggap penting dalam penyelenggaraannya. Hal itu berlangsung dari masa ke masa sampai sekarang. Inilah maskot-maskotnya.

1. World Cup Willie, Inggris 1966

2. Juanito, Meksiko 1970

3. Tip and Tap, Jerman Barat 1974

4. Gauchito, Argentina 1978

5. Naranjito, Spanyol 1982

6. Pique, Meksiko 1986

7. Ciao, Italia 1990

8. Stiker, The World Cup Pup, Amerika 1994

9. Footix, Francis 1998

10. Ato, Kaz and Nik (The Spheriks), Korea Selatan dan Jepang 2002

11. Goleo IV Pille, Jerman 2006

12. Zakumi, Afrika Selatan 2010

13. Fulleco, Brazil 2014

Dari sekian banyak maskot-maskot tersebut, ada beberapa hal unik yang tentunya ada alasannya kenapa demikian. Maskot pertama World Cup Willie misalnya terlihat garis-garis tegas atau patah-patah. Ada lagi Ato, Kaz and Nik yang dibuat dari 3D yang memang pada tahun 2000'an lagi rame 3D jadi mungkin mempengaruhi pembuatan desainnya. Hal unik juga terlihat di Goleo IV Pille yang dibuat versi nyata alias maskot lapangan, tidak dibuat kartun seperti biasanya. Memang unik-unik, tapi kalau favorite Penulis sih Zakumi sama Fulleco karena kartun banget dan secara artistik sudah sangat bagus. Bukan yang lain tidak bagus tapi seiring berkembangnya teknologi digital, mungkin dalam pengerjaan juga lebih sempurna. Bagaimana menurut kalian, mana yang jadi favorit kalian.

Bonus Modo Modi, Sea Games ke 26, Indonesia 2011
Maskot sea games ke 26 yang diadakan di Indonesia tahun 2011 ini sempat bikin heboh nih. Modo dan modi yang menjadi "bulan-bulanan" di media sosial saat itu karena bisa dilihat dari artistiknya sendiri terkesan asal-asalan, asal jadi dan tidak memakai desainer profesional. Bagaimana menurut kalian?
Sumber gambar : yadetrianto.blogspot(dot)com,  football.mywapblog(dot)com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------ 


Related Post

Comments
4 Comments

4 comments :

  1. Wah saya awam banget soal desain, tapi saya suka maskot piala dunia Prancis tuh :D

    ReplyDelete
  2. Makasih kunjungannya tuxlin... memang kartun lebih everlasting sepertinya. :)

    ReplyDelete
  3. wah bagus-bagus banget ya mas maskot nya untuk piala dunia. Pasti yang desain sudah jago banget ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sis kunjugannnya.
      Yah... dalam hal apapun kalau dikerjakan secara serius pasti keren sis. Apalagi yang ane tau untuk pembuatan satu maskot prosesnya cukup panjang.
      Bahkan maskot yang terbaru kabarnya sampai satu tahun loh...
      hehehehe

      Delete

Terima Kasih Kunjungannya.
Bila bermanfaat silahkan tinggalkan komentar yang positif.
Untuk silent reader, cukup share di akun Social Media Kamu.